Media masa
dalam jaringan /online ini juga mempunyai cii-ciri atau karakteristik. Menurut
Iswara (2001) menjelaskan tujuh
karakteristik yang dimiliki media
online antara lain yaitu :
1. Kecepatan (aktualitas) informasi
Kejadian atau peristiwa yang
terjadi di lapangan dapat langsung di upload ke dalam situs web media
online ini, tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari, seperti yang
terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan demikian mempercepat
distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan global lewat
jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan. Umumnya informasi yang ada
tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita. Dengan demikian para
penikmat berita juga bisa mendapatkan sebuah berita dengan tingkat aktualitas
yang tinggi.
2. Adanya pembaruan (updating) informasi
Dalam media masa online, Informasi disampaikan secara terus
menerus, karena adanya pembaruan informasi. Penyajian yang bersifat realtime
ini menyebabkan tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi berlangsung tanpa putus,
hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
3. Interaktivitas
Salah satu keunggulan media online ini yang paling membedakan
dirinya dengan media lain adalah fungsi interaktif. Model komunikasi yang
digunakan media konvensional biasanya bersifat searah (linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari atas (top-down). Sedangkan media online
bersifat dua arah dan egaliter. Berbagai features yang ada seperti chatroom, e-mail, online polling/survey, games, merupakan contoh interactive options yang terdapat di
media online. Pembaca pun dapat menyampaikan keluhan, saran, atau tanggapan ke
bagian redaksi dan bisa langsung dibalas. Atau dengan kata lain, dalam media
masa online ini, terjadi komunikasi dua arah antara si pemilik website dengan
pembaca. Hubungan ini bisa terjadi melalui kolom komentar yang disediakan. Bisa
juga berupa polling ataupun fasilitas chat online yang disediakan oleh pemilik
website.
4. Personalisasi
Pembaca atau pengguna semakin otonom dalam menentukan informasi
mana yang ia butuhkan. Media online memberikan peluang kepada setiap pembaca
hanya mengambil informasi yang relevan bagi dirinya, dan menghapus informasi
yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas informasi dan sensor berada di tangan
pengguna (self control).
5. Kapasitas muatan dapat
diperbesar
Isi dalam media masa online, memuat Informasi yang bisa dikatakan
tanpa batas karena didukung media penyimpanan data yang ada di server komputer
dan sistem global. Informasi yang pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan
dapat ditambah kapan saja, dan pembaca dapat mencarinya dengan mesin pencari (search engine). Selain itu juga, para
pembaca bisa membuka lagi media yang sudah lama dimasukan, kapan saja, karena
sudah tersimpan dengan aman.
6. Terhubung dengan sumber lain
(hyperlink)
Setiap data dan informasi yang disajikan dapat dihubungkan dengan
sumber lain yang juga berkaitan dengan informasi tersebut, atau disambungkan ke
bank data yang dimiliki media tersebut atau dari sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini juga membuat para
pengakses bisa berhubungan dengan pengakses lainnya ketika masuk ke sebuah
situs media online dan menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut,
misalnya dalam chatroom, lewat e-mail
atau games.
7. Universal
Berita-berita yang disajikan dalam media masa online ini memiliki
Jangkauan luas dan menyeluruh, artinya bisa dinikmati oleh orang di seluruh
dunia yang memiliki jaringan internet. Dengan begitu, semua orang bisa
mendapatkan informasi dengan cepat.
sangat bermaanfaat
BalasHapussangat berguna..
BalasHapussangat bermanfaat
BalasHapussangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat, semoga mampu menghasilkan tulisan yang lebih baik dan banyak lagi. Tetap lah berkarya.
BalasHapusTerima kasihhh materinya sangat bermanfaat๐๐๐๐
BalasHapusmaterinya bagus, gan. saya suka saya suka
BalasHapusSangat membantu...
BalasHapus